Senin, 14 Maret 2016

Ajaran Ilmu Leluhur Jawa Jangan Memuja Kekayaan

loading...
Gesang ing ndonya pirantosipun brana, nanging sampun mangeran, wujudipun kerem, yen kerem memalangi.

Mangka tetepipun saking Khaq, wonten ing Sanubari.

Mangke angsal tuntunan saking Allah pribadi alelantaran Rasa Suci, inggih Khaqiqi, inggih Dewa Ruci wonten salebeting rasa gaib. 
Junun iku ayem tentrem wujudipun, iku kang prayoga, amamardi Ngelmu Suci. 
Kukuming tiyang Iman ingkang teguh santosa, mung siji mripatipun nuju mring Allah.

Lara penak tumraping wong kang sumarah kudu dilakoni, iku warahing para Nabi. Lakonira iya mangkana, lakune luwih sangsara katimbang sira.

Mung Allah kang den kawulani, nadyan tekan pati, Nabi kuna ora wigah-wigih. Mung pasrah jia raga mring Gusti. Sumarah iku warising Nabi.
Ja lali mungguhing umat, yen sira antuk Sihing Gusti, ywa rumangsa punjul, kudu rumangsa kawula, ingkang tansah enget idheping Hyang Mahaagung, rumangsa yen kapurba ngawaki ngaras ing Gusti.

Mila makaten Karsa Allah ingkang dipun karsakaken Imanipun sampun luwar saking hawanapsu. Manawi sampun mboten kaiket badhe gampil ngidhep ing Allah. Mila sakselaning pandamelan lerem, kendel ngantos sumarah.

Cak-cakanipun kaliyan lenggahan, tileman, jumeneng, kenging. Perlu lajeng saged kulina lerem. Yen sampun kulina lerem, lajeng dumugi Jinem, mboten gampil kagodha.

Wajibe kang lugu amung mujud ing Rasa Suci, eling yen kapardi ngarseng Hyang Mahaagung, manut sakrehira, aja kongsi susah yen binabar suci, mung pasraha kewala.

Marma kudu emut, lamun ana krenteging ati kang rumangsa bisa mulang tuwin muruk, iku pangajaking Ati Batal, kang tetep aran egois.
Marmanira yen kurang satiti, sok keplantrang ngaku dwija tama, bisa mulang sabarang reh, ing lahir batin putus, mumpuni saliring gaib, iku Drubiksa nyata Bataling Ati Setan lugu.

Sarating Khaq rujukira tentreming manah mung sungkem ing Allah.
Rujuke ana ngilmu aja nglakoni nistip, aja srakah, aja kerep nepsu, ora kena sira uja, iki pepalang.

Dhudhuking Khaq neng Sanubari, hawanapsu ora ana yen wus lenggah neng Sanubari. Anane mung kari Iman ngawula ngarseng Hyang Widdi.
                                                 
                                                                     Berarti : 

Hidup didunia sarananya yaitu harta benda, namun jangan pernah mengabdi, wujudnya terbenam didalam harta benda, jika terbenam jadi penghambat. 
Khaq tetaplah ada didalam Sanubari. 
Bakal terima Tuntunan dari Allah SWT sendiri dengan perantaraan Rasa Suci, atau Khaqiqi, atau 
Dewa Ruci didalam rasa gaib. 
Junun itu berwujud tenang tenteram, itu yang baik untuk melakukan ilmu Suci. 
Hukum orang beriman yang teguh sentosa cuma satu matanya senantiasa tertuju pada Allah. 
Menanggung derita serta Suka untuk orang yang sudah berserah diri pada Allah SWT sebaiknya ditempuh, itu panduan dari beberapa Nabi. Kehidupan beberapa Nabi juga sekian itu, hidup mereka lebih sengsara dari pada engkau. Cuma Allah saja yang mereka abdi, meskipun hingga mati mereka tak gentar menjalaninya. Cuma berserah diri keseluruhan cuma pada Allah saja. Sumarah itu warisan dari beberapa Nabi. 
Jangan sampai hingga engkau semuanya lupa, jika terima Kasih Allah SWT, jangan pernah terasa kian lebih umat lain atau sesama, sebaiknya tetaplah terasa kalau dirimu yaitu abdi, yang perlu senantiasa tetaplah ingat bakal menghadapmu pada Hyang Mahaagung, terasa kalau senantiasa ada didalam Kuasa Allah SWT senantiasa melakukan menghadap dihadapan Allah SWT. 
Yang diinginkan Allah SWT itu orang yang Imannya telah terlepas dari udara nafsu. Jika telah tak terikat bakal begitu gampang menghadap pada Allah SWT. 

Jadi baiknya diantara sela-sela bekerja tenang, diam hingga sumarah berserah diri keseluruhan pada Allah SWT. Pengerjaannya dengan sembari sekedar duduk, sembari tiduran, berdiri, barangkali. 

Utama sekali bisa membiasakan diri tenang. Jika telah punya kebiasaan tenang, lantas hingga ke berserah diri keseluruhan cuma pada Allah SWT saja, akan tidak gampang digodha. 

Yang utama sebaiknya cuma berwujud di dalamRasa Suci, senantiasa ingat kalau senantiasa dihadapan Allah yang Mahaagung, senantiasa patuh bakal semuanya Perintah serta Kehendak-Nya, jangan pernah terasa sulit jika tengah disucikan oleh Allah SWT, cuma berserah dirilah saja kepada-Nya. 

Sebaiknya senantiasa ingat kalau jika setiap saat ada gerak didalam hati terasa bisa memberi pelajaran serta panduan, itu yaitu gerak dari Hati Setan atau Hati Batal, yang senantiasa tetaplah egois sifatnya. 

Jika kurang cermat, kerap mengakui sebagai Sang Mahaguru, bisa mengajarkan semuanya ilmu lahir serta batin prima, prima kuasai semua yang gaib, itu Hati Setan atau Hati Batal. 

Sarat agar bisa menggerakkan jalinan dengan Khaq yaitu tenteramnya hati cuma bersujud dihadapan Allah SWT 

Agar bisa melakukan ilmu dengan baik jangan sampai hingga berbuat yang menyimpang dari Jalan Allah, jangan sampai serakah, jangfanlah kerap sebagian geram, jangan sampai semuanya engkau turuti saja, itu semuanya yaitu penghambat. 

Tempatnya Khaq yaitu didalam Sanubari, hawanafsu telah tak ada jika telah ada didalam Sanubari. Ada cuma Iman pada Allah SWT mengabdi cuma pada Allah SWT saja.