Selasa, 22 Maret 2016

Kisah Mistis Asal Usul Nyi Blorong dan Legenda Pesugihannya

loading...
Asal Usul Nyi Blorong 

Banyak pakar spiritualis -disertai dengan legenda yang sampai kini mengedar- menyebutkan bila Nyi Blorong sejatinya adalah putri pertama Nyimas Dewi Rangkita yang bernama Nyimas Dewi Anggatri. Nyimas Dewi Rangkita sendiri adalah cucu dari Raja Caringin Kurung ke 11, Prabu Jaya Cakra. 

Nyimas Dewi Anggatri atau Nyi Blorong dulunya yaitu seseorang gadis nan cantik jelita. Tetapi, lantaran di besarkan di lingkungan keraton yang serba berkecukupan, ia lalu tumbuh jadi wanita yang angkuh serta jahat. Lantaran kejahatannya itu, ia diusir dari keraton punya kakeknya. Ia lalu mengasingkan diri di rimba selatan serta dimulailah cerita asal usul Nyi Blorong ini. 

Satu waktu dalam perjalanan didalam rimba, ia tidak berniat lewat satu gerbang ghaib yang membawanya masuk kedalam kerajaan jin punya ratu segara selatan, Nyi Roro Kidul. Tahu bila ada manusia yang masuk kedalam kerajaannya, prajurit kerajaan lalu menangkap Nyimas Dewi Anggatri serta membawanya ke hadapan sang ratu. Mendengar narasi serta cerita hidupnya, Nyi Roro Kidul lalu terasa iba. Kanjeng Ratu Kidul lalu mengangkat Nyimas Dewi Anggatri jadi anaknya serta menganugerahkan kesaktian siluman ular kepadanya. Nyi Roro Kidul juga mengubah nama si gadis yang semula Nyimas Dewi Anggatri itu jadi Nyi Blorong. Pada awalnya, Nyi Blorong cuma dikira sebagai gadis umum, tetapi lantaran kepiawaiannya dalam memimpin, berperang, dan bekal kesaktian ularnya, Nyi Roro Kidul lalu memberi keyakinan kepadanya untuk jadi pemimpin batalion dalam unit prajurit yang dipunyai kerajaan. Bersamaan dengan kesuksesannya dalam memimpin, Nyi Blorong dengan cara bertahap lalu diakui jadi panglima paling tinggi dalam pertahanan keraton kerajaan Pantai Selatan. Mitos lain menyebutkan bila waktu bln. purnama, kesaktian serta kecantikan Nyi Blorong bakalmencapai puncaknya. Ia dapat dengan gampang beralih bentuk jadi sosok wanita cantik berkebaya hijau. Tetapi, waktu bln. mulai mengecil, ia dengan sendirinya bakal beralih jadi sosok ular raksasa yang mengerikan. 

Legenda Pesugihan Nyi Blorong 

Menurut keyakinan orang-orang Jawa, Nyi Blorong adalah bawahan Nyi Roro Kidul yang terkecuali jadi panglima paling tinggi, juga mempunyai pekerjaan untuk menyesatkan manusia. Penyesatan yang mereka kerjakan yaitu dengan memberi pesugihan atau kekayaan dengan jalan yang sesat. Untuk manusia yang terbawa nafsu, pesugihan nyi blorong ini pasti bakal begitu mengundang selera. Dalam pesugihannya itu, Nyi Blorong senantiasa datang ke tempat tinggal orang yang memujanya. Ia lalu bakal memohon si empunya tempat tinggal untuk terkait tubuh dengannya dalam kamar spesial. Dalam kamar itu, si empunya tempat tinggal bakal lihat Nyi Blorong dalam bentuk gadis cantik, tetapi bila ada yang mengintip, mereka bakal lihat si empunya tempat tinggal tengah terkait tubuh dengan seekor ular raksasa. Sesudah lakukan ritual terkait tubuh, Nyi Blorong bakal pergi dengan meninggalkan sebagian keping emas yang sebenarnya adalah sisik ular kepunyaannya. Sebagai ubah dari kekayaan yang diperolehnya dengan gampang, si empunya tempat tinggal mempunyai keharusan untuk memberi tumbal anggota keluarganya. Seorang yang ditunjuk jadi tumbal bakal mati dengan penyebabnya yang ada-ada saja. Mengenai tumbal itu untuk beberapa spiritualis bakal di ambil serta dipakai sebagai budak di kerajaan Pantai Selatan.