Jumat, 11 Maret 2016

Primbon Jawa Kakang Kawah Adi Ari Ari

loading...
Di antara sembilan saudara yang mengikuti kelahiran jabang bayi, kakang kawah adi ari-ari yaitu yang paling populer. ke-2 saudara ni senantiasa di sebut tiap-tiap doa permintaan untuk bayi tersaebut. kakang kawah, di sebut kakang kerena lahir terlebih dulu dari jabang bayi. kawah yaitu banyu/air kawah yang manfaatnya membasahi serta melicinkan vegina supaya jabang bayi yang bakal keluar bisa jalan lancar, serta kulit bayi yang masihlah halus tak luka kerenanya. 

Sedang untuk adi ari-ari lantaran lahirnya menyusul sesudah jabang bayi. ari-ari yaitu segumpal daging lunak yang terlebih dulu jadi tempat jabang bayi. saat tiba waktunya kelahiran, bayi itu lahir keluar di ikuti ari-ari. pada bayi serta ari-ari di gandengkan oleh tali pusar, selanjutnyaq pusar tersebut di potong memakai kulit bambu hitam serta di landasi dengan kunyit. 

Biasanya ari-ari tersebut di tanam di dapan pintu paling utama tempat tinggal samping kanan. baiknya yang lakukan penanaman yaitu bapaknya dengan perlengkapan jawa komplit dengan menggunakan keris. ada ari-ari yg tidak di tanam, tetapi di labuh di sungai oleh si bayi yang telah jadi besar. 

Pada peringatan weton atau hari serta market kelahiran si jabang bayi, yang berlangsung tiap-tiap 35 hari atau selapanan. si jabang bayi dibuatkan jenang among-among. yang di maksudkan sebagai perkataan sukur atas keselamatan si jabang bayi serta untuk ngemong-mongi atau pelihara serta melindungi si jabang bayi setelah itu. bahkan juga sebagai saudara jalinan antarta si jabang bayi dengan kakang kawah adi ari-ari lebih akrab, seperti permintaan yang di katakan waktu bikin jenang abang among-among. 

Kakang kawah adi ari-ari, 
Jaganen saya, 
Supoyo slamet, 
Sluman-slumun slamet, 
Slamet karena sangat kersaning allah.